Sabtu, 24 Desember 2011

Pemasangan Plastik Pada Kolam Terpal



Kolam terpal pada dasarnya ada dua jenis. Yang di dalam tanah atau yang di atas tanah.Di sini kita bahas kolam terpal yang di dalam tanah. Biasanya pada kebanyakan kolam terpal pendam, sedikit bagianya ada yang berada di atas permukaan tanah. Bagian ini pada jangka waktu pemakaian tertentu pasti jadi rapuh. Karena tidak terendam oleh air dan terkena terik matahari. 

Pada pemasanganya memang ada bagian yang di uruk tanah supaya terpal tidak mlorot. Tapi bagian yang lain atau bagian yang tidak terendam air yang lain bisa rapuh. Solusinya adalah di pasangi plastik pada bibir kolam. Lebarnya ada yang 120 cm atau 180 cm. Dengan fungsinya sebagai pelindung dari kerasnya sinar matahari, maka pilihan lebar kita sesuaikan dengan kebutuhan. 
Sebagai contoh, kolam terpal dengan lebar 5 m x 8 m tinggi 1 m untuk pembesaran lele yang airnya hanya butuh sekitar 60 cm maka di pergunakan terpal ukuran 120 cm saja cukup. Pemasangannya memanfaatkan lem G. Bagian atasnya di uruk mengikuti bibir terpal sedemikian rupa. Sehingga terlihat rapi dan berkilau.


1 komentar:

  1. mas lokasi mana?
    mau tanya tanya masalah kolam terpal

    BalasHapus